Contoh Teks Eksposisi Lengkap Beserta Strukturnya

Erwin Alfatih June 3, 2024

Saat kamu duduk di bangku sekolah, salah satu materi yang tentunya dipelajari di kelas bahasa Indonesia adalah tentang teks. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan memberikan kamu contoh teks eksposisi.

Ada beberapa jenis teks yang akan kamu temukan di dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah teks eksposisi yang adalah teks yang menyampaikan pendapat tanpa bertujuan untuk memberikan pengaruh.

Teks ini sendiri merupakan jenis teks yang memberikan informasi, identifikasi, dan deskripsi yang jelas tentang suatu objek, teks ini tidak memaksa orang lain untuk percaya pada gagasan yang disampaikan oleh penulis. Penulis tentu saja akan menyajikan fakta dan gagasan yang mudah dipahami pembaca.

Dikutip dari Keterampilan Menulis, diterbitkan pada tahun 2016 oleh H. Dalman, teks eksposisi ini adalah karangan yang menjelaskan atau menggambarkan pendapat, ide, keyakinan yang membutuhkan fakta tetapi tidak mempengaruhi pembaca.

Supaya jelas lagi, berikut di bawah ini adalah contoh teksposisi singkat beserta strukturnya.

1. Contoh Teks Eksposisi 1 Lingkungan Sekolah

  • Judul

Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekolah

  • Tesis

Kebersihan sekolah merupakan salah satu faktor penting dalam menciptakan kenyamanan di dalam dan sekitar lingkungan sekolah. Setiap sekolah selalu mengajarkan siswa-siswinya untuk selalu memperhatikan kebersihan.

Tidak jarang banyak sekali diadakan lomba kebersihan sekolah untuk menarik minat siswa-siswinya supaya peduli terhadap kebersihan. Ada beberapa cara untuk menjaga kebersihan lingkungan seperti buang sampah pada tempatnya, bersihkan papan tulis dan sapu ruang kelas.

  • Argumentasi

Di dalam kelas, piket biasanya dibagikan per hari untuk menjagakebersihan. Untuk itu, piket biasanya bertugas menyapu dan menghapus papan tulis serta menyiapkan alat tulis guru.

Pada hari Jumat, semua anggota kelas akan melakukan kerja bakti untuk membersihkan sekolah setelah kelas pertama berakhir. Salah satu manfaatnya adalah menciptakan hubungan yang lebih dekat antara siswa, sesama guru dan antara siswa dan guru.

  • Penegasan Ulang

Kebersihan lingkungan sekolah merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sekolah dan merupakan faktor penting bagi proses belajar mengajar yang menyenangkan dan juga nyaman. Kebersihan lingkungan sekolah juga menjamin kebersihan seseorang dan kesehatannya. Oleh karena itu, kebersihan merupakan upaya manusia untuk menjaga lingkungan tetap sehat dan terus menerus dirawat.

Baca Juga: Syarat Kur BRI Telah Dibuka, Simak Syarat Dan Ketentuannya

2. Contoh Teks Eksposisi 2 Dampak Membuang Sampah Disungai

  • Judul

Dampak Membuang Sampah Disungai

  • Tesis

Di era globalisasi seperti saat ini, kegiatan membuang sampah sembarangan seperti di sungai sepertinya seolah-olah menjadi hal yang lumrah dan biasa.

Jumlah orang yang membuang sampah di kota juga semakin meningkat. Hal ini menyebabkan aliran sungai tersumbat oleh sampah ini, menyebabkan sungai meluap di tepiannya saat hujan berkepanjangan dan intesitas terus menerus, yang menyebabkan bencana banjir.

  • Argumentasi

Dari waktu ke waktu, jumlah individu yang membuang sampah sembarangan terutama di sungai terus meningkat, itu menurut kesimpulan banyak sekali para pengamat. Masyarakat masih belum bosan atau kapok untuk membuang sampah ke sungai yang tentunya bisa mengakibatkan banjir.

Padahal, korban bencana banjir pun tidaklah sedikit. Karena sudah banyak sekali orang terluka atau meninggal karena banjir. Namun, hal ini masih belum cukup untuk meningkatkan kesadaran masyarakat yang masih membuang sampah sembarangan.

  • Penegasan Ulang

Jika sudah mengetahui dampaknya tersebut, seharusnya masyarakat pun sadar untuk berhenti membuang sampah sembarangan, agar tidak merugikan diri sendiri, orang lain dan juga lingkungan.

Jika tidak ada sampah di sungai, maka air sungai tidak akan tersumbat dan juga dapat meminimalisir banjir meskipun hujan turun terus menerus.

3. Contoh Teks Eksposisi 3 Hewan

  • Judul

Hewan

  • Tesis

Hewan dapat dibagi menjadi beberapa jenis dilhat berdasarkan jenis makanan yang dimakannya, antara lain hewan herbivora, karnivora, dan omnivora.

  • Argumentasi

Perlu kamu ketahu bahwasanya hewan herbivora ini adalah istilah yang diberikan untuk hewan yang memiliki beberapa jenis makanan berupa tumbuh-tumbuhan. Posisi hewan herbivora ini berada pada konsumen tingkat pertama dalam rantai makanan.

Berbagai jenis hewan yang masuk dalam kategori herbivora, yaitu belalang, sapi, kambing, kuda, dan keledai. Dan hewan karnivora ini adalah sebutan hewan yang memakan atau berburu jenis hewan atau daging lainnya.

Nah hewan karnivora ini juga dikenal sebagai hewan pemangsa untuk hewan herbivora. Beberapa spesies hewan yang termasuk dalam kategori hewan karnivora yaitu macan, macan, musang, dan serigala.

  • Penegasan Ulang

Yang harus kamu ketahui bahwasanya hewan omnivora ini adalah hewan yang memakan apa saja, bisa memakan tumbuhan dan hewan atau daging lainnya. Beberapa jenis hewan yang masuk dalam kategori omnivora adalah bebek, ayam, beruang dan orang utan.

4. Contoh Teks Eksposisi 4 Tentang Covid-19

  • Judul

Mencuci Tangan Dengan Sabun Efektif Cegah Covid-19

  • Tesis

Sabun memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan dan kemudian membunuh berbagai macam jenis bakteri dan parasit yang penyebab penyakit. Dengan adanya kandungan tersebut, maka sabun tersebut juga ampuh untuk bisa membunuh Corona (COVID-19).

  • Argumentasi

Salah satu gejala Covid-19 yang terjadi atau dialami pada korban yang terinfeksi adalah sesak napas. Dengan rutin mencuci tangan pakai sabun, maka kamu pun bisa meminimalisir masuknya bakteri ke saluran pernapasan melalui tangan. Ini dapat mencegah bakteri masuk dan merusak saluran udara.

Bahkan salah satu pakar, Dr. Dan Corbett dari Queen’s School of Chemistry and Chemical Engineering menjelaskan bahwa mencuci tangan dengan sabun dan air dapat membunuh Covid-19.

Dia juga menjelaskan bahwa struktur sabun terdiri dari susunan gabunga antar molekul seperti pin. Terdapat kepala hidrofilik pada masing-masing pin ini yang dapat dengan mudah menempel pada air.

Dan juga ekor hidrofobiknya yang bersifat lebih menghindari air dan lebih terhubung dengan lemak atau minyak. Karena susunan molekul ini secara bergantian mengapung sebagai entitas individu saat tersuspensi dalam air.

Selanjutnya, kumpulan molekul akan berinteraksi dengan molekul lain untuk membentuk kantung kecil (misel). Gelembung-gelembungnya ini memiliki kepala yang mengarah keluar dan ekor yang terselip di dalamnya.

Yang harus kamu ketahui bakteri ini sendiri merupakan partikel berukuran nano yang memiliki kelemahan berupa lapisan lipid bilayer(lemak). Sabun memiliki kemampuan untuk melarutkan membran lemak.

Sehingga bakterinya tersebut dimusnahkan karena kandungan lemak pada sabun hancur dan mati atau lebih tepatnya menjadi tidak aktif. Ini juga berlaku untuk Covid-19, dari sinilah dapat disimpulkan bahwa cara kerja sabun tersebut efektif dalam menonaktifkan Covid-19.

5. Contoh Teks Eksposisi 5 Berita

  • Judul

Komodo Terancam Punah

  • Tesis

Komodo, merupakah salah satu hewan endemik Indonesia yang tinggal di kepulauan Nusa Tenggara, dilaporkan kini terancam punah.

  • Argumentasi

Menurut data Balai Taman Nasional Komodo, populasi komodopada tahun 2020 telah mencapai 3.163 ekor. Populasinya tersebut tersebar di beberapa pulau, dengan populasi terbesar menempati Pulau Komodo dan juga Pulau Rinca.

Lembaga International Union for Conservation of Nature (IUCN), sebuah lembaga internasional yang bergerak di bidang konservasi, mengkelompokkan komodo sebagai hewan yang terancam punah akibat masalah pemanasan global.

Menurut para peneliti, populasi komodo dapat terus menurun seiring berkurangnya habitat mereka akibat kenaikan suhu di Bumi.

Selain itu, komodo yang hidup berdampingan dengan manusia memiliki mangsa yang terbatas. Alasannya adalah karena baik komodo dan manusia mengkonsumsi makanan yang sama.

Meskipun demikian, populasi komodo dapat dipertahankan atau terus dijaga denga cara melakukan pelestarian habitat dan pengawasan ataupun penjagaan yang ketat.

  • Argumentasi

Selain dengan adanya masalah pemanasan global, komodo pun masih terus menghadapi ancam kepunahan. Namun, pemerintah dan masyarakat Indonesia dapat mencegah kepunahan komodo melalui konservasi yang sangat ketat.

Artikel Terkait