10 Syarat Pinjaman Online Yang Harus di Penuhi, Langsung Cair!

Erwin Alfatih April 11, 2024

Kebutuhan akan ketersediaan uang tunai semakin meningkat di masyarakat, sehingga syarat pinjaman online ini sangat dibutuhkan saat ini. Permasalahan yang biasanya muncul yaitu ketika masyarakat ingin mengambil pinjaman dari bank, tentunya tidak semua orang dapat melakukannya tanpa masalah. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi jika seseorang ingin mengambil pinjaman dari bank.

Namun hal ini Menjadi sulit bagi banyak orang untuk beralih ke pinjaman lain yang lebih mudah dari segi persyaratan, seperti pinjaman online. JNamun jenis pinjaman ini banyak diminati orang karena persyaratan pinjaman online yang sangat sederhana, tanpa adanya jaminan sedikit dan dokumen yang diperlukan.

Untuk saat ini sudah banyak lembaga atau jasa yang bisa meminjamkan uang secara online. Namun persyaratan pinjaman online yang dibutuhkan tidaklah sulit, sehingga hampir semua orang bisa melakukannya.

Hal ini membuat banyak pinjaman online yang populer di kalangan nasabah yang ingin meminjam sejumlah uang. Apa saja syarat pinjaman online agar uang bisa langsung cair? Simak syarat pinjaman online yang telah kami rangkum di bawah ini.

Inilah Syarat Nasabah Yang Ingin Meminjam Uang Online, Tanpa Ribet!

Ada beberapa penyedia pinjaman online yang dapat menerapkan ketentuan khusus yang sangat berbeda tergantung pada kebijakan mereka. Namun, semua pemberi pinjaman online yang ada di Indonesia memiliki persyaratan dasar yang harus dipenuhi oleh semua calon peminjam, yaitu:

1. Cukup Umur

 syarat pinjaman online

Persyaratan pertama untuk pinjaman online yaitu kamu sudah cukup umur. Pada aturan umum, untuk pinjaman online kamu harus berusia minimal 21 tahun dan tidak lebih dari 55-60 tahun. Bahkan jika kamu seorang pelajar dan sudah memiliki KTP, kamu tidak dapat mengajukan pinjaman online apabila kamu masih berusia di bawah 21 tahun.

Pada umumnya, usia 21 tahun dianggap sebagai usia legal dan mampu bertindak. Kemudian usia maksimal 55-60 tahun berdasarkan rata-rata usia harapan hidup warga negara Indonesia dan merupakan usia pensiun bagi pekerja.

2. Warga Negara Indonesia (WNI)

warga negara indonesia

Mereka yang ingin mendapatkan pinjaman harus memiliki identitas Warga Negara Indonesia (WNI). Hal ini dapat dibuktikan dengan KTP asli yang mereka miliki. Biasanya pihak pemberi pinjaman akan meminta scan KTP asli sebagai salah satu dokumen persyaratan untuk meminjam uang online.

3. Mempunyai Pekerjaan (Slip Gaji)

harus mempunyai pekerjaan atau slip gaji

Slip gaji yaitu salah satu syarat untuk mengajukan pinjaman online. Daftar gaji menunjukkan bahwa kamu sudah memiliki pekerjaan dan dapat membayar cicilan pinjaman kamu secara online.

Maka dari itu kamu cantumkan slip gaji terbaru agar perusahaan pinjaman online bisa mendapatkan data terbaru penghasilan kamu. Apabila kamu tidak memiliki slip gaji atau bekerja sebagai pekerja lepas, kamu bisa menambahkan rekening giro atau tabungan.

Cetak transaksi selama tiga bulan terakhir di rekening tabungan sehingga perusahaan pemberi pinjaman online dapat melihat dengan jelas siklus arus kas kamu.

Arus kas yang sehat memudahkan kamu untuk mendapatkan pinjaman online, Bahwa kamu menunjukkan mampu untuk membayar dengan mencicil.

4. Harus Memiliki Identitas Asli Dan Lengkap

memiliki identitas asli dan lengkap

Syarat pinjaman online selanjutnya yaitu semua data yang kamu miliki harus asli dan lengkap. Berikut ini adalah daftar data kamu yang akan diminta:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP): sebagai bukti bahwa kamu sudah berusia 21 tahun
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP): Nomor pokok wajib pajak agar pinjaman kamu sudah terdaftar secara sah.
  • Slip Gaju / Mutasi Rekening: Bukti bahwa kamu sudah memiliki pekerjaan atau penghasilan untuk dapat membayar biaya pinjaman online tersebut.

Baca Juga: Higgs Domino RP X8 Speeder Tanpa Iklan Terbaru 2023

5. Harus Memilik Nomor Handphone Yang Bisa Dihubungin

harus memiliki nomor handphone yang aktif

Untuk saat ini, kemudahan komunikasi seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan maju seiring dengan pesatnya media sosial membuat dunia di antara kita seolah tak terbatas. Alasan ini, akses mudah melalui nomor handphone adalah suatu keharusan.

Apabila kamu sulit dihubungi melalui telepon, mungkin itu sebabnya persyaratan pinjaman online kamu sulit juga untuk cair. Karena bagaimanapun, kamu harus mudah dihubungi karena kamu memiliki pinjaman yang harus dicicil dan dilunasi.

6. Mengajukan Pinjaman Online Sesuai Kemampuan

Aplikasi pinjaman online yang tersebar luas ini sangat memudahkan kamu untuk mendapatkan dana segar untuk membiayai kebutuhan atau keperluan kamu. Namun sebaiknya, pinjaman online ini digunakan untuk sesuatu yang produktif, seperti modal usaha dll.

Pastikan kamu mengajukan pinjaman online dari perusahaan atau aplikasi yang sudah terdaftar dan diatur oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau dikenal juga dengan pinjaman online legal. Tujuannya yaitu untuk menghindari terjebak dalam rentenir online atau bunga tinggi, bahkan penagihan dengan intimidasi, ancaman, kekerasan dan banyak lagi.

Selain itu, pinjamlah dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan ekonomi kamu, agar cicilan kamu tidak membebani keuangan kamu setiap bulannya. Selain itu juga, hindari terjadinya keterlambatan pembayaran atau kredit macet.

Apabila kamu telat membayar pinjaman online, selain kamu kena bunga, kamu juga akan dikenakan denda per hari yang besarnya ditentukan oleh masing-masing penyedia pinjaman online. Utang pinjaman online kamu akan semakin bertambah.

7. Mempunyai Rekening Bank

Hingga saat ini, pencairan uang hanya dapat dilakukan melalui rekening bank. Oleh karena itu, kamu tidak bisa hanya mengandalkan e-wallet atau akun serupa lainnya sebagai akun tujuan untuk menerima dana.

Kabar baiknya yaitu kamu dapat menggunakan rekening bank mana saja untuk meminjam uang online. Apabila kamu belum memiliki rekening bank, pilih salah satu tabungan bank yang aman dan menawarkan biaya administrasi yang ringan. Jangan lupa untuk memasukkan data nomor rekening dengan benar agar dana yang ditransfer tidak salah tujuan.

8. Foto Selfie Dengan E- KTP

Jangan heran jika harus melampirkan foto selfie dengan E-KTP saat mengajukan pinjaman online. Oleh sebab itu foto Selfie dengan E- KTP ini sangat penting untuk mendukung mekanisme Know Your Customer (KYC) yang diterapkan oleh sistem pinjaman online.

Sehingga pemberi pinjaman online dapat memastikan bahwa informasi pribadi yang kamu berikan benar-benar valid dan pinjaman dapat segera dicairkan.

9. Harus Memiliki Kartu Kredit

Pastikan kamu untuk meneliti persyaratan sebelum meminjam uang. Beberapa jasa pemberi pinjaman pada umumnya memerlukan kepemilikan kartu kredit. Ini biasanya dilakukan oleh pemberi pinjaman yang dikelola bank. Pastikan juga kartu kredit masih berlaku dan tidak terblokir atau semacamnya.

Jadi memenuhi persyaratan pinjaman online adalah kunci untuk memastikan aplikasi pinjaman online ini disetujui dengan cepat. Oleh karena itu kamu harus memenuhi persyaratan dasar dan tambahan untuk mendapatkan dana dengan mudah baik untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang.

10. Memiliki Riwayat Pinjaman Online Yang Baik Dengan Nasabah

Selain kamu memiliki pekerjaan, kamu juga harus memiliki riwayat pinjaman online yang baik dengan nasabah untuk memastikan bahwa kamu membayarnya secara teratur. Perusahaan fintech bisa mengetahui semua aktivitas peminjaman kamu karena sudah terdaftar di database sah pemerintah, lho! Jadi kamu tidak digunakan lagi.

Jadi pastikan riwayat pinjaman online kamu harus baik. Apabila kamu memiliki iuran atau tunggakan dengan perusahaan fintech lain, maka kamu juga harus membayar semuanya terlebih dahulu. Karena aplikasi kamu tidak mungkin ditolak jika kamu masih memiliki tunggakan.

Baca Juga:

Artikel Terkait